Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

Zakat fithri adalah zakat yang diwajibkan kepada setiap orang dari kaum muslimin, baik anak kecil, orang dewasa, laki-laki, perempuan, merdeka dan budak.

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

_”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewajibkan zakat fithri sebanyak satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum, atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang besar dari kalangan orang Islam. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang pergi menunaikan shalat.”_ (HR. Bukhari Muslim)

*Zakat fithri berfungsi sebagai pembersih puasa* dari hal-hal yang mengotorinya dan sebagai bentuk bantuan dan *kepedulian terhadap orang-orang fakir miskin*.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ

_”Zakat Fithri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin.”_ (HR. Abu Daud)

*Besar Zakat*

Satu sha’ (4 mud) kira-kira *setara dengan 3,5 liter atau 2.25 – 3 kg makanan pokok* seperti tepung, kurma, gandum dan beras.

Zakat fithri wajib bagi setiap muslim yang mampu. Menurut mayoritas ulama, *batasan mampu di sini adalah mempunyai kelebihan makanan bagi dirinya dan yang dinafkahi pada malam dan siang hari ‘ied*.

*🗓KAPAN Dibayarkan?*

Waktu pembayaran zakat fithri ada dua macam: 

1️⃣ *Waktu afdhol* yaitu mulai dari terbit fajar pada hari ‘idul fithri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ‘ied.

2️⃣ *Waktu yang dibolehkan* yaitu satu atau dua hari sebelum ‘ied sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Ibnu Umar.

أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِزَكَاةِ الْفِطْرِ أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

قَالَ فَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يُؤَدِّيهَا قَبْلَ ذَلِكَ بِالْيَوْمِ وَالْيَوْمَيْنِ

_”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memerintahkan kami untuk menunaikan zakat fithri sebelum orang-orang keluar untuk melakukan shalat. Ia berkata: Ibnu Umar menunaikannya sehari atau dua hari sebelum itu”_ (HR. Abu Daud 1372)

*Zakat Fithri dengan UANG, Bolehkah?*

Ulama Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah berpendapat bahwa *tidak boleh menyalurkan zakat fithri dengan uang* yang senilai dengan zakat. Karena tidak ada satu pun dalil yang menyatakan dibolehkannya hal ini. Dan pada zaman Rasulullah ketika itu ada dinar dan dirham tapi Rosululloh dan sahabatnya tetap dengan makanan pokok.

Sedangkan ulama Hanafiyah berpendapat bolehnya zakat fithri diganti dengan uang.

Pendapat yang tepat dalam masalah ini adalah tidak bolehnya zakat fithri dengan uang sebagaimana pendapat mayoritas ulama.

_”Imam Ahmad ditanya oleh seseorang, “Bolehkah aku menyerahkan beberapa uang dirham untuk zakat fithri?” Jawaban Imam Ahmad, “Aku khawatir seperti itu tidak sah.”_ (Lihat Al Mughni 4/295)

*Kepada Siapa Disalurkan?*

Zakat fithri tidak boleh diberikan kecuali kepada fakir miskin berdasarkan hadits Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma,

ٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ

_”Rasulullah shallallahu wa’alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga *untuk memberi makan orang miskin*. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya sedekah diantara berbagai sedekah”_ (HR. Abu Daud 1371)
*ELSUNNAH Tausiyah Whatsapp Broadcast*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: