Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

Keimanan yang hakiki pada kitabullah bukan sekedar diekspresikan dengan membacanya saja. Tetapi, selain membaca adalah mengimani dan mengamalkan isi kandungannya.

Allah ta’ala berfirman,

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Orang-orang yang telah Kami berikan Al kitab kepadanya, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Barangsiapa yang ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Baqarah [2]: 121)

Dalam kitab Tafsir al-Muyassar dijelaskan maksud tafsir ayat tersebut. Yaitu orang-orang Yahudi dan Nasrani yang telah Kami beri kitab, yang membacanya secara sahih, mengikutinya dengan sebaik-baiknya dan mereka beriman kepada kawajiban beriman kepada Rasul Allah yang tercantum di dalamnya. Di antara para Rasul tersebut adalah rasul penutup, Nabi, dan Rasul kita Muhammad. Mereka tidak menyelewengkan dan tidak merubah apa Mereka tidak menyelewengkan dan tidak merubah apa yang tercantum di dalamnya. Mereka itu adalah orang-orang yang beriman kepada Nabi Muhammad dan kepada apa yang diturunkan kepadanya. Lain halnya dengan orang-orang yang merubah sebagian isi kitab dan menyembunyikan sebagian yang lainnya, mereka ini adalah orang-orang yang kafir kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan kepada apa yang diturunkan kepadanya. Barangsiapa kafir kepadanya, maka dia adalah orang-orang yang paling merugi di sisi Allah.
☘️Imam Muhammad ibn Ali asy-Syaukani rahimahullah menjelaskan bahwa maksud membacanya (tilawah) bahwasannya mereka mengamalkan isi kandungannya, menghalalkan apa yang telah dihalalkan, dan mengaramkankan apa-apa yang telah diharamkan.

Sebarkan jika Anda menyukai tulisan ini,  insya Allah pahala besar menanti Anda. 
Diteruskan oleh:
*Shirotul Mustaqim Whatsapp Broadcast(SM)*

SM Admin 1: +62 856 4236 8964

SM Admin 2: +62 813 1100 2744

SM Admin 3: +62 896 0552 2493

SM Admin 4: +62 856 4236 9016

SM Center: +62 815 8559 4149

PIN BB: D78DCDDC

Join Telegram t.me/shirotulmustaqim

Like FB.me/shirotulmustaqimID

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: