Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

Maaf mau bertanya. Bagaimana jika kita ketiduran dan tidak sempat sahur karena bangun pas adzan subuh telah berkumandang, dan saat itu langsung berniat untuk puasa tanpa sahur. Tapi ragu-ragu juga apakah itu bisa atau tidak karena saya berniat di waktu imsak (pukul 4.42). Apakah puasanya bisa tetap dilanjut atau tidak. Syukran

Rahmat, Mamuju

Jawaban

وَعَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : { مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ } رَوَاهُ الْخَمْسَةُ ، وَمَالَ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ إلَى تَرْجِيحِ وَقْفِهِ ، وَصَحَّحَهُ مَرْفُوعًا ابْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ – وَلِلدَّارَقُطْنِيِّ { لَا صِيَامَ لِمَنْ لَمْ يَفْرِضْهُ مِنْ اللَّيْلِ }

Dari Hafshoh Ummul Mukminin bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Barangsiapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Majah)

Jadi niat puasa Ramadhan wajib dilaksanakan di malam hari. Malam hari adalah waktu antara maghrib sampai dengan sebelum fajar (subuh). Akan tetapi perlu diketahui bahwa letak niat itu di dalam hati dan bukan di lisan. Jadi, barangsiapa yang terbetik dalam hatinya untuk berpuasa keesokan harinya, maka ia sudah dikatakan berniat, walaupun tidak melisankannya dan memang tidak perlu dilisankan. Dan inilah salah satu kemudahan dalam Islam.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin mengatakan bahwa seandainya akhir malam pun masih bisa digunakan untuk berniat, asalkan sebelum fajar (Shubuh). Sebagai tanda seseorang sudah dikatakan berniat adalah ia bangun makan sahur atau ia berniat untuk makan sahur karena sudah terbetik hatinya untuk puasa meski akhirnya tidak bangun makan sahur, maka sudah dikatakan pula berniat.

Wallohu a’lam

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Layanan Tausiyah WhatsApp Gratis dari ELSUNNAH dan Konsultasi Syariah Klik Di Sini

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH

Bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah ini.
Like, Comment, and Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: