Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

banjirSesungguhnya setiap musibah atau bencana yang terjadi tidak lain diakibatkan oleh dosa-dosa yang dilakukan oleh seorang manusia. Allah taa’ala berfirman,

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Wahai sekalian manusia, ketahuilah bahwa musibah yang menimpa kalian tidak lain adalah disebabkan karena dosa yang kalian dahulu perbuat. Dan Allah memaafkan kesalahan-kesalahan kalian tersebut. Dia bukan hanya tidak menyiksa kalian, namun Allah langsung memaafkan dosa yang kalian perbuat.”

Allah akan menyiksa seorang hamba karena dosa yang ia perbuat. Dan ketauhilah bahwasanya Allah subhanahu wata’ala memaafkan sebagian besar kesalahan-kesalahan yang manusia perbuat. Bencana-bencana yang Allah subhanahu wata’ala turunkan kepada kita hanya akibat sebagian kecil dosa kita. Bayangkan oleh kita bagaimana seandainya Allah benar-benar menurunkan bencana sesuai kadar dosa yang manusia lakukan. Tentu manusia akan binasa, sebagaimana Allah ta’ala berfirman,

Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melata pun” (QS. Fathir: 45).

wallahu ‘alam

Bogor, 13 Januari 2014

Muhammad Ilyas

—-

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH
dan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah artikel ini.
Like, Share, and Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: