Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

pintu kemaksiatanMakhluk pertama yang melakukan kemaksiatan kepada Allah subhanahu wata’ala adalah Iblis. Tatkala Iblis diperintahkan untuk sujud kepada Adam ‘alaihissalam, Iblis enggan untuk melaksanaan perintah tersebut. Keengganan Iblis tersebut dikarenakan rasa sombong, merasa bangga, dan merasa lebih mulia daripada Adam ‘alaihissalam.

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada Para Malaikat: “Bersujudlah kalian kepada Adam”, Maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak Termasuk mereka yang bersujud. Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah”. Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, Maka keluarlah, Sesungguhnya kamu Termasuk orang-orang yang hina.” (QS. Al-A’raf [7]: 11-13)

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah[2]: 34)

Itulah dosa pertama kepada Allah ta’ala. Kemudian kemaksiatan berikutnya adalah apa yang dilakukan oleh Adam dan Hawa ketika mereka berdua memakan yang telah Allah larang bagi keduanya untuk mendekatinya. Hal ini disebabkan lantaran ada bujukan, rayuan, dan dorongan dari Iblis sehingga Adam dan Hawa tergelincir dalam kemaksiatan. Akan tetapi kemudian keduanya bertaubat kepada Allah ta’ala dan Allah ta’ala pun menerima taubat mereka berdua.

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, Maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah[2]: 37)

Dari dua kisah kemaksiatan bisa diambil pelajaran sebagaimanya yang dijelaskan oleh para ulama bahwa kemaksiatan berupa peninggalan perintah Allah ta’ala lebih besar daripada kemaksiatan berupa pelaksanaan larangan. Kita antara Adam dan Iblis kedua-duanya sama-sama melakukan satu kemaksiatan. Bedanya Adam melakukan satu kemaksiatan berupa melaksanakan larangan, sedangkan Iblis melaksanakan satu kemaksiatan berupa meninggalkan perintah. Allah ta’ala menerima taubat Adam ‘alaihissalam bahkan mengajarkan kalimat taubatnya. Adapun Iblis, Allah tidak menerima taubatnya[1]. Hal ini karena dosa melanggar larangan kebanyakan disebabkan oleh hawa nafsu dan kebutuhan, sedangkan dosa meninggalkan larangan kebanyakan sebabnya adalah kosombongan dan tinggi hati.

Oleh karenanya tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. Sebaliknya akan masuk surga, orang yang mati dalam keadaan bertauhid, meski ia pernah berzina dan mencuri.[2]

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرٍ وَلَا يَدْخُلُ النَّارَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ

Tidak akan masuk surga orang yg dalam hatinya terdapat kesombongan (walau) sebiji sawi, & tak akan masuk neraka seorang yg di dalam hatinya terdapat keimanan (walau) sebiji sawi.” (HR. ibnumajah No.4163).

Kalau demikian, berarti seseorang yang meninggalkan sedikit saja dari perintah shalat dan semisalnya berarti tidak diragukan lagi ia berada dalam bahaya yang besar.[3]

Bogor, 01 Januari 2014

Muhammad Ilyas

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH
dan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah artikel ini.
Like, Share, and Comment


[1] Di samping memang Iblis tidak mau bertaubat
[2] Abdullah bin Muhammad as-Sadhan. “Dampak Negatif Kemaksiatan“ . Islamhouse.com. hal. 11
[3] Abdullah bin Muhammad as-Sadhan. “Dampak Negatif Kemaksiatan“. Islamhouse.com. hal. 11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: