Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

doa-takutApabila Dihinggapi Rasa Takut dan Kesepian Ketika Tidur

Agama kita yang sempurna telah mengajarkan kepada kita berbagai hal. Di antaranya adalah doa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan ketika kita mengalami perasaan takut dan kesepian ketika tidur.

Keadaan seperti ini wajar terjadi menghinggapi seseorang terutama ketika seseorang berada pada malam hari dan dalam keadaan sendiri. Ketika hal ini terjadi maka hendaknya seseorang memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wata’ala.

Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Fushilat[41]: 36)

Dan janganlah ia memohon perlindungan kepada selainNya. Ketika seseorang meminta perlindungan (isti’adzah) kepada jin karena ketakukannya kepada jin kemudian menundukkan dirinya kepadanya dan mengagungkannya maka ini adalah satu bentuk kesyirikan.

Allah subhanahu wata’ala berfirman,

Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): “Hai golongan jin, Sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia”, lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: “Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami”. Allah berfirman: “Neraka Itulah tempat diam kalian, sedang kalian kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)”. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui.” (QS. Al ‘An’am [6]: 128)

Makna dari kalimat “Sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain)” pada ayat di atas adalah bahwa penghormatan yang diperoleh jin dari manusia di saat mereka meminta tolong kepada mereka, serta pengagungan dan ketundukan mereka kepada jin. Adapun antara manusia mendapat kesenangan dari jin adalah tatkala mereka meminta perlindungan kepadanya (isti’adzah). Sebagaimana yang dikatakan Ibnu Katsir rahimahullah ketika menafsirkan ayat tersebut, beliau berkata

Ibnu Juraij mengatakan, bahwa dahulu di masa Jahiliyah bila seorang laki-laki singgah di suatu tempat, ia mengatakan, “Saya berlindung kepada penghuni lembah ini.” Yang demikian itulah kesenangan mereka, lalu hal ini mereka jadikan alasan di hari kiamat kelak. Adapun mengenai kesenangan yang diraih jin dari manusia adalah bahwa hal tersebut merupakan penghormatan yang diperoleh jin dari manusia di saat manusia meminta tolong kepada mereka.”[1]

Maka haram hukumnya ber-isti’adzah kepada jin bahkan termasuk kesyirikan jika diiringi ketergantungan hati yang sangat kepadanya karena isti’adzah termasuk ibadah, dan ibadah tidak boleh diberikan kecuali kepada Allah subhanahu wata’ala.

Oleh karena itu dalam hal ini hendaknya seorang mukmin hanya minta perlindungan kepada Allah subhanahu wata’ala.  Rasulullah mengajarkan satu doa ketika kita dihinggapi rasa takut dan kesepian ketika kita tidur yaitu sebagai berikut

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ.

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan dan siksaanNya, serta kejahatan hamba-hambaNya, dan dari godaan setan (bisikannya) serta jangan sampai mereka hadir (kepadaku).” [2]

Bogor, 18 Desember 2013
Muhammad Ilyas

Referensi

  • Tafsir Ibnu Katsir
  • Hisnul Muslim

[1] Tafsir Ibnu Katsir Juz 8 hal. 70 Peneribit: Sinar Baru Algensindo

[2] Dinukil dari Hisnul Muslim berdasarkan HR. Abu Dawud 4/12. Dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/171

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH
dan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah artikel ini.
Like, Share, and Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: