Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

nerakaSeringkali kita mendengar tentang neraka, namun hati kita terlalu keras untuk menerima kebenaran akan adanya neraka dengan segala kepedihan di dalamnya.

Allah ta’ala berfirman: “Maka takutlah kalian kepada neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan bebatuan, yang disediakan bagi orang-orang kafir” (QS. Al-Baqoroh [2]: 24)

Berikut ini, kami mencoba menghadirkan kedahsyatan adzab yang tidak pernah terbayangkan, yaitu adzab neraka, balasan yang telah disiapkan oleh Alloh ta’ala bagi orang kafir, munafik, dan para pelaku dosa.

Sifat –sifat neraka

1.     Makanan dan Minuman di Neraka.

Alloh  berfirman: “Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.”  (QS. al-Ghosyiyah [88]: 6-7)

“..Dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya..” (QS. Ibrohim [14] 16-17)

2.     Bahan bakar di Neraka.

Alloh  berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu..”  (QS. at-Tahrim [66]: 6)

3.     Perbandingan Api Dunia dengan Api Neraka.

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 “Api kalian di dunia yang dinyalakan oleh anak Adam ialah sepertujuh puluh bagian dari panasnya api neraka Jahannam.” Para sahabat berkata, “Wahai Rosululloh, demi Alloh, sekiranya neraka seperti api di dunia sungguh ia sudah cukup (sangat panas).” Nabi bersabda, “Api neraka dilebihkan atas api dunia dengan enam puluh sembilan bagian, yang setiap bagiannya sama dengan panasnya api dunia.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Macam-Macam Adzab Api Neraka.

Marilah kita renungkan dan resapi berbagai macam adzab neraka berikut:

a.     Siksaan api neraka yang paling ringan.

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya adalah orang yang mengenakan sepasang sandal dengan tali dari api neraka, lalu dengan itu maka mendidihlah otaknya sebagaimana mendidihnya air dalam bejana. Ia beranggapan bahwa tidak ada orang lain yang lebih besar siksanya dari dirinya. Padahal itu adalah siksa yang paling ringan”. (HR. Muslim)

b.    Setiap kali kulit mereka hangus karena terbakar, maka Alloh ta’ala akan mengganti dengan kulit yang baru dan begitulah seterusnya.

Alloh ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab. Sesungguhnya Alloh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”  (QS. an-Nisa’ [4]: 56)

c.     Kepala mereka akan disiram dengan air panas yang melelehkan otak, isi perut dan kulit mereka.

Alloh ta’ala berfirman: “…Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS. al-Hajj [22]: 19-21)

d.    Tidak pernah mati selamanya.

Alloh ta’ala berfirman: “Diminumnya air nanah itu dan ia hampir tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi ia tidak juga mati, dan di hadapannya masih ada adzab yang berat.” (QS. Ibrohim [14]: 17)

Marilah kita berlindung kepada Alloh ta’ala dari azab neraka dan kita hindari neraka yang mengerikan dengan amal-amal sholih kita..

—-

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH
dan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah artikel ini.
Like, Share, and Comment

Comments on: "Dahsyatnya Siksaan Neraka" (1)

  1. Reblogged this on Dewi Tinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: