Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

keutamaan silaturahimPada kesempatan ini kali ini kita akan sedikit mengulas beberapa keutamaan dari silaturrahim. Semoga dengan mengetahui keutamaannya kita terdorong untuk meningkatkannya jika memang sudah berjalan dengan baik dan segera memperbaiki jika memang hubungan tersebut belum berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa keutamaan menjaga hubungan silaturrahim:

  • Silaturrahim merupakan salah satu amalan yang paling dicintai Allah ta’ala

Ada seorang laki-laki dari Bani Khots’am, dia bertanya kepada Rosululloh `:

أَيُّ الأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ ؟ قَالَ : ” إِيمَانٌ بِاللَّهِ ” ، ، ثُمَّ مَهْ ؟ قَالَ : ” ثُمَّ صِلَةُ الرَّحِمِ “

Amal apa yang paling dicintai Alloh? Beliau menjawab, Iman kepada Alloh… kemudian dia bertanya lagi, kemudian amal apa lagi? Beliau menjawab, “Silaturrahim.” (HR. Abu Ya’la, Hadits hasan)

  • Allah ta’ala akan mempercepat balasan pahala orang yang menyambung silaturrahmi

إِنَّ أَعْجَلَ الطَّاعَةِ ثَوَابًا صِلَةُ الرَّحِمِ ، حَتَّى إِنَّ أَهْلَ الْبَيْتِ لِيَكُونُوا فَجَرَةً ، فَتَنْمُو أَمْوَالُهُمْ ، وَيَكْثُرُ عَدَدُهُمْ إِذَا تَوَاصَلُوا

Sesungguhnya ketaatan yang paling cepat pahalanya adalah silaturrahim, sekalipun sang pemilik rumah adalah seorang ahli maksiat, namun hartanya akan berkembang dan jumlahnya akan bertambah apabila mereka menjalin silaturrahim.” (HR. Ibnu Hibban; Shahih)

  • Silaturahmi dapat menguatkan rasa cinta dalam keluarga, memperluas rezeki, dan memperpanjang umur

تَعَلَّمُوا مِنْ أَنْسَابِكُمْ مَا تَصِلُونَ بِهِ أَرْحَامَكُمْ فَإِنَّ صِلَةَ الرَّحِمِ مَحَبَّةٌ فِي الْأَهْلِ مَثْرَاةٌ فِي الْمَالِ مَنْسَأَةٌ فِي الْأَثَرِ

Pelajarilah silsilah keluarga yang akan menghubungkan tali rahimmu, karena sesungguhnya silaturrahim itu melahirkan kasih sayang pada keluarga, kemudahan memperoleh harta dan panjang umur.” (HR.  Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim)

Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahim.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,

مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ

Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)

  • Allah ta’ala akan menjaga hubungan-Nya dengan orang yang menjaga silaturrahim

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَنا الرَّحْمنُ، وَأَنا خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَاشْتَقَقْتُ لَهَا مِنِ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا بتَتُّهُ

Allah ’azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hubungannya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus dirinya.” (HR. Ahmad 1/194, shahih lighoirihi).

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

” أَيُّهَا النَّاسُ ، أَفْشُوا السَّلامَ ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ ، وَصِلُوا الأَرْحَامَ ، وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلامٍ ” .

“Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturrahim, dan shalatlah di waktu malam tatkala orang lain tidur, engkau akan masuk surga dengan penuh keselamtan”.

Disarikan dari Kajian Pagi dengan tema “Keutamaan Silaturahim” yang dibawakan oleh Ust. Abu Said Supendi di Masjid Ali bin Abi Thalib hari Selasa, 24 Dzulhijjah 1434 H/29 Oktober 2013
Ilustrasi gambar @buletin-aliman.blogspot.com

—-

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like FB Fans Page ELSUNNAH
dan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah artikel ini.
Like, Share, and Comment

Comments on: "Keutamaan Silaturrahim" (2)

  1. Reblogged this on Dewi Tinta.

  2. Reblogged this on Dewi Tinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: