Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

sebab datangnya adzabSaudaraku. … Sesungguhnya Alloh adalah Dzat Yang Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya lagi Maha bijaksana. Dia tidak akan menurunkan adzab-Nya kecuali kepada mereka yang berhak. Bagi orang-orang kafir atau fasik, adzab tersebut adalah suatu hukuman yang disegerakan di dunia sebelum siksaan yang lebih dahsyat lagi di akherat. Akan tetapi jika ia menimpa orang-orang Mu’min yang sholeh, maka itu adalah suatu musibah yang akan menggugurkan dosa-dosa mereka.

Apakah sebab-sebab yang mengundang turunnya adzab Alloh itu?

  1. Kekafiran dan perbuatan syirik (menyekutukan Alloh). Ini adalah sebab utama yang mengundang datangnya adzab dari Alloh . Perbuatan syirik dengan segala macam bentuknya, seperti: perdukunan, memohon kepada kuburan, percaya kepada jimat-jimat, dan sebagainya, adalah dosa terbesar yang tidak akan diampuni oleh Alloh  jika pelakunya tidak bertaubat. Betapa banyak umat-umat terdahulu yang telah dibinasakan oleh Alloh  karena kekafiran mereka.
  2. Mendustakan ayat-ayat Alloh  atau sabda Rosululloh  ini termasuk perbuatan kafir. Alloh  berfirman, “Karena itu berjalanlah kalian di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (Rosul-Rosul).” (QS. Ali ‘Imron [3]: 137)
  3. Dosa-dosa dan kemaksiatan yang diperbuat manusia. Alloh  berfirman, “Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyak generasi-generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepada kalian, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.” (QS. Al-An’am [6]: 6)Dan juga firman-Nya, “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena  perbuatan tangan manusia, supaya Alloh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. ar-Rum [30]: 41)
  4. Tidak mensyukuri nikmat-nikmat Alloh . Sudah menjadi ketetapan Alloh  bahwa segala macam nikmat yang Dia limpahkan kepada para hamba-Nya, tidak akan Dia cabut kembali kecuali jika mereka merubah ketaatan menjadi kemaksiatan (tidak bersyukur). Sebagaimana firman-Nya, “Yang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Alloh sekali-kali tidak akan merubah suatu nikmat yang telah di anugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. al-Anfal [8]: 53)
  5. Dan Juga firman-Nya, “Tetapi mereka berpaling, maka kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang di tumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. Dan Kami tidak menjatuhkan adzab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir. (QS. Saba’ [34]: 16-17)
  6. Meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar. Jika kemunkaran telah menyebar luas dan dilakukan secara terang-terangan serta tidak dicegah, maka akan datang adzab Alloh  yang tidak hanya menimpa para pelaku kemunkaran saja, sebagaimana firman-Nya, “Dan peliharalah diri kalian dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zholim saja di antara kalian. Dan ketahuilah bahwa Alloh amat keras siksaan-Nya.” (QS. al-Anfal [8]: 25)
  7. Rosululloh , ”Demi Alloh yang nyawaku di tangan-Nya, kalian harus menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, jika tidak maka sungguh dekat saatnya Alloh akan mengirim kepada kalian adzab dari sisi-Nya kemudian kalian memohon kepada-Nya tetapi tidak diperkenankan.” (HR. at-Tirmidzi, hasan)

Saudaraku yang dirahmati Alloh… jika kita telah tahu bahwa penyebab datangnya adzab itu adalah kekafiran dan dosa-dosa serta kemaksiatan, maka wajiblah bagi kita semua untuk bertaubat kepada-Nya dari semua itu, menaati-Nya dan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.

Semoga Alloh  melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita, merahmati kita semua di akhirat. Sesungguhnya Dia Maha Penyayang terhadap orang-orang yang beriman.

Ilustrasi gambar @designbuildsource.com.au

—-

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Silakan like FB Fans Page ELSUNNAH

iklan2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: