Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

sudahkah kita membaca al qur'anSudahkah Anda Membaca Al Qur’an??

Saudaraku yang dirahmati  Alloh …. Kita meyakini Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Alloh subhanahu wata’ala untuk memandu kita agar selamat di dunia dan akhirat. Kita meyakini bahwa Al-Qur’an adalah pelajaran (nasihat) yang sangat penting dari Alloh subhanahu wata’ala, penawar bagi penyakit-penyakit yang bersarang di dalam dada dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Alloh subhanahu wata’ala berfirman:

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Robb kalian dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”  (QS. Yunus [10]: 57)

Kita juga beriman bahwa tidak ada petunjuk yang lebih baik dari petunjuk Alloh subhanahu wata’ala. Karena Dia yang telah menciptakan kita, maka Dia-lah yang paling tahu tentang kita. Dia yang Maha Tahu jalan mana yang paling baik untuk kita tempuh. Dia berkenan memberikan petunjuk-Nya kepada kita lewat kitab suci-Nya. Alloh subhanahu wata’ala  berfirman:

“Dengan Kitab itulah Alloh menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhoan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Alloh mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS. al-Ma’idah [5]: 16)

Kemudian ada satu pertanyaan yang patut kita tanyakan kepada diri kita, “Sudahkah kita membaca Al-Qur’an? Tahukan kita bahwa Al-Qur’an itu adalah surat-surat yang dikirimkan oleh Alloh kepada kita sebagai hamba-Nya?”

Saudaraku…. Marilah kita ingat pesan Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam kepada kita, “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi mereka yang mau membaca dan mengamalkan isinya.” (HR. Muslim)

Seorang yang gemar membaca Al-Qur’an akan bercahaya hatinya, lapang dadanya, rahmat Alloh subhanahu wata’ala melimpah kepadanya dan setiap huruf yang dibacanya akan dicatat sepuluh pahala.

Saudaraku…..Satu hal lagi yang perlu kita renungkan, sudahkah kita berusaha untuk memahami Al-Qur’an? Hal ini sungguh sangat penting karena Al-Qur’an diturunkan oleh Alloh subhanahu wata’ala sebagai petunjuk, dan ia tidak akan berfungsi sebagai petunjuk kecuali kalau kita pahami isinya. Oleh karena itu, Alloh subhanahu wata’ala  menegur hamba-hamba-Nya yang tidak berusaha untuk memperhatikan dan memahami isi kitab suci-Nya. Alloh   berfirman:

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an? Kalau kiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Alloh, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. an-Nisa’ [4]: 82)

Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhu berkata, “Alloh telah menjamin bagi yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka ia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat,” kemudian ia mengutip firman Alloh,

“Maka jika datang kepada kalian petunjuk dari-Ku, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (QS. Thoha [20]: 123)

Semoga Alloh subhanahu wata’ala membantu kita untuk senantiasa membaca kitab suci-Nya, memahami isinya dan mengamalkan kandungannya. Ya Alloh, bimbinglah kami dengan al-Qur’an, jadikanlah ia pemberi syafa’at bagi kami pada hari kiamat dan penuntun kami ke surga-Mu. Amiin… (Redaksi ELSUNNAH)
—-

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Silakan like FB Fans Page ELSUNNAH

iklaniklan2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: