Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

  • fatwa rasulullah tentang puasaSeorang sahabat bertanya kepada beliau: “Wahai Rasulullah, saya lupa sehingga makan dan minum, padahal saya sedang berpuasa.” Beliau menjawab:“Allah telah memberimu makan dan minum.” (HR. Abu Daud).

Dan dalam riwayat Ad-Daruquthni dengan sanad shahih disebutkan:“Sempurnakan puasamu dan kamu tidak wajib mengqadha’nya, sesungguhnya Allah telah memberi makan dan minum.”

Peristiwa itu terjadi pada hari pertama bulan Ramadhan.

  • Pernah juga beliau ditanya tentang benang putih dan hitam, jawab beliau:

(( هُوَ بَيَاضُ النَّهَارِ وَسَوَادُ اللَّيْلِ )) ذكره النسائي

“Yaitu terangnya siang dan gelapnya malam.” (HR. An-Nasa’i).

  • Seorang sahabat bertanya: “Saya mendapati shalat subuh dalam keadaan junub, lalu saya berpuasa, bagaimana hukumnya?

Jawab beliau:

(( وَأَنَا تُدْرِكُنِيْ الصَّلاَةُ وَأَنَا جُنُبٌ فَأَصُوْمُ ))

“Aku juga pernah mendapati subuh dalam keadaan junub, lantas aku berpuasa.” Ia berkata: “Engkau tidak seperti kami wahai Rasulullah, karena Allah telah mengampuni semua dosamu baik yang lalu ataupun yang kemudian. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam menjawab:

(( وَاللهِ إِنِّيْ لَأَرْجُو أَنْ أَكُوْنَ أَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَعَْلَمَكُمْ بِمَا أَتْقَى)) ذكره مسلم.

“Demi Allah, sungguh aku berharap agar aku menjadi orang yang paling takut kepada Allah dan paling tahu akan sesuatu yang membawa kepada takwa.” (HR. Muslim).

  • Beliau pernah ditanya tentang puasa di perjalanan, maka beliau mejawab:

(( إِنْ شِئْتَ صُمْتَ وَإِنْ شِئْتَ أَفْطَرْتَ )) ذكره مسلم.

“Jika kamu menghendaki, berpuasalah, atau berbukalah.” (HR. Muslim).

  • Hamzah bin ‘Amr pernah bertanya: wahai Rasulullah, saya mampu berpuasa dalam perjalanan, apakah saya berdosa? Beliau menjawab:

(( هِيَ رُخْصَةُ اللهِ فَمَنْ أَخَذَهَا فَحَسَنٌ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَصُوْمَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ )) ذكره مسلم.

“Ia adalah rukhsha (keringanan) dari Allah, barangsiapa mengambilnya baik baginya dan barangsiapa lebih suka berpuasa maka ia tidak berdosa. (HR. Muslim).

  • Sewaktu ditanya tentang mengqadha’ puasa dengan tidak berturut-turut, beliau menjawab:

(( ذَلِكَ إِلَيْكَ، أَرَأَيْتَ لَوْ كَانَ عَلَى أَحَدِكُمْ دَيْنٌ قَضَى الدِّرْهَمَ وَالدِّرْهَمَيْنِ أَلَمْ يَكُنْ ذَلِكَ قَضَاءً؟ فَاللهُ أَحَقُّ أَنْ يَعْفُوَ وَيَغْفِرَ )) ذكره الدارقطني وإسناده حسن.

“Hal itu kembali kepada dirimu (tergantung kemampuanmu), bagaimana pendapatmu jika salah seorang diantara kamu mempunyai tanggungan hutang lalu mencicilnya dengan satu dirham dua dirham, tidakkah itu merupakan bentuk perlunasan? Allah Maha Pemaaf dan Maha pengampun.” (HR. Ad-Daruquthni).

  • Ketika ditanya oleh seorang wanita: “Wahai Rasulullah, ibu saya telah meninggal sedangkan ia berhutang puasa nadzar, bolehkah saya berpuasa untuknya? Beliau menjawab:

(( أَرَأَيْتَ لَوْ كَانَ عَلَى أُمِّكِ دَيْنٌ فَقَضَيْتِيْهِ أَكَانَ يُؤَدِّي ذَلِكَ عَنْهَا؟ )) قالت: نعم، قال : (( فصومي عن أمك )) متفق عليه.

“Bagaimana pendapatmu jika ibumu memiliki tanggungan hutang lantas kamu lunasi, bukankah itu membuat lunas hutangnya? Ia berkata: Benar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Puasalah untuk ibumu.” (Hadits Muttafaq Alaih)([1]).

Disalin dari Risalah Ramadhan karya Syaikh Abdullah Bin Jarullah Bin Ibrahim Al Jarullah (Islamhouse.com)

Artikel ELSUNNAH.wordpress.com

Silakan like FB Fans Page ELSUNNAH


[1].  Lihat I’lamul muwaqqi’in An Rabbil Alamin, oleh Ibnul qayyim, 4/266-267.

iklaniklan2

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

