Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

Bersiwak

siwakBersiwak (Menggosok Gigi dengan Kayu Siwak)

Bersiwak merupakan ibadah yang tidak banyak membebani, sehingga sepatutnya seorang muslim bersemangat melakukannya dan tidak meninggalkannya. Di samping itu, banyak faedah yang didapatkan berupa kebersihan, kesehatan, menghilangkan aroma yang tak sedap, mewangikan mulut, memperoleh pahala dan mengikuti Nabi shallallahu ‘alaihi wasalla.

Banyak sekali hadits yang berbicara tentang siwak sehingga Ibnul Mulaqqin dalam Al-Badrul Munir mengatakan: “Telah disebutkan dalam masalah siwak lebih dari seratus hadits.(Subulus Salam, 1/63)

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam demikian senang bersiwak. Beliau tidak melupakannya sampai pun pada detik-detik menjelang beliau dijemput kembali ke sisi Alloh. ‘Aisyah  mengabarkan:

‘Abdurrahman bin Abi Bakr Ash-Shiddiq  masuk menemui Nabi  dalam keadaan dadaku menjadi tempat sandaran beliau. ‘Abdurrahman membawa siwak yang masih basah yang dipakainya untuk bersiwak. Nabi  mengangkat pandangan mata beliau, melihat siwak itu. Aku pun mengambil siwak tersebut lalu mematahkan ujungnya (dengan ujung gigi) serta memperbaikinya dan membersihkannya, kemudian aku berikan pada Nabi . Beliau kemudian bersiwak dengannya. Aku tidak pernah melihat Rosululloh  bersiwak sebagus yang kulihat kali itu. Tidak berapa lama Rosululloh  selesai dari bersiwak, beliau mengangkat tangannya atau jarinya kemudian berkata: “Pada teman-teman yang tinggi (Ar-Rafiqil A‘la).” Lalu beliau pun wafat. (HR. Al-Bukhari)

‘Aisyah  mengabarkan bahwa Nabi  bersabda:

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ ، مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Siwak itu membersihkan mulut, diridhai oleh Ar-Rabb.” (HR. Ahmad, An-Nasa`i dan selainnya.. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani)

 

—-

Penulis: Faishol, Lc

Artikel: ELSUNNAH.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: