Menghidupkan Sunnah, Menebar Hidayah

Rindu Ramadhan

rindu ramadhanTahun ini diperkiraan Ramadhan jatuh pada tanggal 10 Juni 2013. Itu artinya 65 hari lagi kita akan bertemu dengan Ramadhan, kurang dari seminggu kita akan berjumpa dengan bulan Rajab.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan persemaian. Sya’ban adalah bulan pengairan. Adapun Ramadhan, ia adalah bulan memetik buah. Agar buah dapat dipetik di bulan Ramadhan, harus ada benih yang disemai, dan ia harus diairi sampai menghasilkan buah yang rimbun.

Semakin dekat dengan Ramadhan, semakin rindu.

Apabila benar Anda rindu, Anda akan mencium bau Ramadhan dari jauh, seperti Ya’qub  mencium bau Yusuf  karena kerinduan yang menggelora pada puteranya itu. Sekiranya Anda mencium Ramadhan dan Anda kenakan ‘pakaiannya’, niscaya hati Anda akan kembali melihat. Layaknya pandangan Nabi Ya’qub, terbebas dari kebutaan karena mencium aroma baju Nabi Yusuf.  

Jika benar Anda rindu Ramadhan, Anda akan membuat persiapan menyambutnya. Allah berfirman:

“Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka. Maka Allah melemahkan keinginan mereka. Dan dikatakan kepada mereka, “Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu.” (QS. At-Taubah: 46).

Ibnul Qayyim—rahimahullah—berkata, “Berhati-hatilah terhadap dua perkara. Pertama: Kewajiban telah datang, tetapi kalian tidak siap untuk menjalankannya, sehingga kalian mendapat hukuman berupa kelemahan untuk memenuhinya dan kehinaan dengan tidak mendapatkan pahalanya….”

Pada enam bulan sebelum Ramadhan, mereka berdoa agar sampai di bulan Ramadhan. Kemudian pada enam bulan setelah Ramadhan, mereka berdoa agar kembali bertemu Ramadhan. Sehingga sepanjang tahun, kehidupan mereka nuansanya adalah Ramadhan.

Maka persiapkanlah bekal untuk menyambut Ramadhan dari sekarang.

Artikel: ELSUNNAH.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: